Hijab Pengantin Adat Jawa Dengan Sentuhan Terkini

Hijab Pengantin Adat Jawa – Setiap daerah memiliki adat istiadatnya masing-masing, entah itu derah Jawa, Sumatera maupun daerah yang lainnya. Tentunya perbedaan tidak hanya soal baju adat saat merayakan ritual atau upacara khas daerah tersebut saja, namun juga memiliki perbedaan dalam busana saat melangsungkan acara seperti pernikahan.

Hijab Pengantin Adat Jawa Dengan Sentuhan Terkini

Hijab Pengantin Adat Jawa

Hijab Pengantin Adat Jawa

Bagi sebagian daerah seperti di Jawa, busana untuk pernikahan seringkali tidak menggunakan konsep Islami sehingga banyak terlihat busana adat yang memamerkan aurat. Bagi mereka yang memegang aturan agama dan ingin tetap melestarikan budaya, maka perlu adanya hijab pengantin adat Jawa. Hijab tersebut memang bukan asli dari adat istiadat Jawa yang kental dengan campuran agama Hindu. Namun dengan adanya kombinasi dan contoh cara memakai hijab pada busana tersebut bisa menjadikan mereka yang muslim dapat mengenakan baju adat Jawa tanpa harus kehilangan jati diri sebagai seorang muslimah.

Kini banyak pengantin adat Jawa berjilbab karena selain pengetahuan mereka tentang pentingnya berhijab, sejumlah baju adat pun kini sudah banyak dimodifikasi sesuai dengan aturan agama Islam yaitu menutupi aurat. Pada umumnya busana yang dikenakan saat acara pernikahan adalah kebaya yang memiliki bahan cukup tipis dan memamerkan anggota tubuh. Namun dengan adanya modifikasi, bagian yang terbuka bisa ditutupi ataupun diberi sejenis bahan kaos yang memiliki warna seperti warna kulit.

Kreasi Hijab Pengantin Terbaru

Kreasi Hijab Pengantin Terbaru

Hijab pengantin adat Jawa memang cukup baik berkombinasi dengan kebaya yang menjadi kebanggaan masyarakat di Jawa. Pewarnaan hijab pun bisa disesuaikan mengikuti daerah Jawa mana yang menjadi pilihan. Jika pilihannya jatuh pada daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, maka biasanya hijab yang digunakan seperti warna rambut yaitu hitam yang ditutupi dengan berbagai hiasan rambut seperti berbagai jenis bunga ataupun mahkota khas Jawa.

Hijab juga sangat cocok dengan gaun pengantin adat jawa modern yang merupakan peningkatan dari sejumlah baju pengantin khas Jawa. Lewat cara ini, budaya daerah seperti adanya baju pengantin khas daerah bisa tetap terjaga meski terdapat beberapa perubahan dan modifikasi didalamnya.

Oleh karena itu carilah jenis hijab pengantin adat Jawa yang sesuai dengan busana yang dikenakan. Pastikan untuk memberikan aksen atau ornament yang sesuai dengan daerah setempat agar baju pengantin tersebut kian terasa suasana daerahnya.



loading...
Hijab Pengantin Adat Jawa Dengan Sentuhan Terkini | fariza | 4.5
error: Content is protected !!